Selasa, 15 Januari 2008

Pre Exam

lama sekali saya tak berkunjung ke warnet, salah satunya akibat persiapan ujian skripsi, jum'at, 14 september 2007. buat seorang mahasiswi yang tercatat sudah tinggal hampir 6 setengah tahun di kampus.. tidak ada kata paling tepat selain, "akhirnya..". Bbukan saja saya yang lega, tetapi juga keluarga, teman dan yang pasti adek-adek kelas yang terlanjur bosan menemaniku mendalami materi alias ngulang. hehe..

selesai ujian bukan berarti selesai urusan, ada revisi dan tetek bengek lainnya yang pemanasannya sudah ku lalui sebelum ujian.. mulai bersabar menghadapi birokrasi adm kuliah yang ribet dan menjadi satu hal yang tidak aku sukai sampai bertahan tak larut mendebat dosen yang tidak maksimal membimbing (apalagi hasrat selesai kuliah tak bisa ditawar lagi) juga pengajar lain yang suka ribut termasuk soal etika mahasiswa.

menjadi sarjana bukan sesuatu yang layak dibanggakan. Buat aku sendiri, ini sekadar prinsip agar terbiasa menuntaskan sesuatu, kedua, perkara orang tua apalagi keinginan ibu yang tak kuasa ku tolak. Barangkali ada beberapa alasan lain sehingga menuntaskan kuliah adalah sebuah pilihan saja, bukan kewajiban..

sekarang saya musti berhijrah ke uin (saya lebih suka menyebutnya IAIN) untuk menuntaskan studi di tafsir hadis, program studi yang saya tidak punya kegandrungan blas. Semua seperti air mengalir sehingga saya musti terdampar di sana. meski ada hikmah terutama ini saya rasakan saat saya balik ke masjid bertemu orang-orang yang memahami teks agama secara tekstual, tanpa pernah berfikir untuk lebih kritis apalagi terhadap para ulama pembuat teks..

Tidak ada komentar: